Latest News

PROFIL PRATIKNO MENTERI SEKRETARIS NEGARA TERLENGKAP

Profil Pratikno Menteri Sekretaris Negara. Bagi kalangan mahasiswa UGM, nama Pratikno pasti sudah tak asing lagi. Juga di kalangan ilmuwan dan cendekiawan Indonesia, Pratikno adalah Rektor UGM (2012-2017) yang akhirnya terpilih sebagai Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) dalam kabinet Jokowi-JK. Pratikno memang sudah diprediksi menjadi menteri karena memang jejak rekamnya yang terbilang mulus dan berprestasi. Pria kelahiran Bojonegoro 52 tahun silam ini adalah Professor Ilmu Politik (Political Science) UGM Yogyakarta. Karir Pratikno memang semakin cemerlang sejak ia terpilih sebagai Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun 2012 lalu. Ia juga menjadi Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM pada tahun 2010. Inilah profil Pratikno Mensesneg Kabinet Jokowi-JK.

PROFIL PRATIKNO MENTERI SEKRETARIS NEGARA

Pratikno adalah Menteri Sekretaris Negara dalam Kabinet Kerja Jokowi-JK. Dengan terpilihnya Pratikno, maka Jokowi-JK cukup konsisten dalam membentuk kabinet yang bersih dan bekerja untuk rakyat. Rekam jejak Pratikno juga cukup bagus sehingga publik pun merasa lega atas pemilihan menteri yang selektif oleh Jokowi-JK. Pasalnya KPK juga ikut andil dalam pemilihan menteri Jokowi-JK. KPK sebelumnya menyatakan bahwa calon menteri yang tersangkut kasus hukum/korupsi sebaiknya tidak dipilih oleh Jokowi-JK. Pratikno adalah professor yang juga gemar menulis buku, dan beberapa bukunya sudah dimuat di media. Seperti "Seandainya Otonomi Tanpa Kerjasama dalam Kompleksitas dan Tawaran Format Kelembagaan" dan "Mimpi Lama Yang Terus Hidup dalam Membangun NKRI dalam Membangun NKRI dari Bumi Tambun Bungai Kalteng" pada tahun 2007. Pratikno sudah cukup akrab dengan perpolitikan Indonesia, sesuai dengan bidangnya. Ia pernah terpilih sebagai moderator debat capres tahun 2009 dan diangkat sebagai tim seleksi anggota KPU dan Bawaslu. Kami akan berbagi profil lengkapnya untuk anda.

Profil Pratikno Menteri Sekretaris Negara

Nama Lengkap : Prof. Pratikno, M.Soc.Sc
Tempat dan Tanggal Lahir : Bojonegoro, 13 Februari 1962
Agama : Islam
Kebangsaan : Indonesia
Nama Istri : Dra. Ec. Siti Faridah
Anak : 3 orang (Anisa Firdia Hanum, Hilda Mutia Hanum, Gita Nadia Hanum)
Riwayat Pendidikan :
  • S3 Department of Asian Studies, Flinders University of South Australia (1992-1996)
  • S2 Department of Development Administration University of Birmingham, Inggris (1989-1991)
  • S1 Ilmu Pemerintahan Fisipol UGM (1980-1985)

Riwayat Pekerjaan/Karir :
  • Menteri Sekretaris Negara/Mensesneg (2014)
  • Rektor UGM (2012-2017)
  • Wakil Dekan Bidang Akademik FISIP UGM (2001-2004)
  • Direktur dan pengajar di Program Pascasarjana Prodi Ilmu Politik Konsentrasi Politik Lokal dan Otonomi Daerah, UGM (2003-sekarang)
  • Pengajar di FISIP UGM
  • Moderator debat capres tahun 2009

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Profil Pratikno Menteri Sekretaris Negara. Semoga dapat menambah wawasan anda dalam dunia Politik Indonesia. Simak terus Harian Joko untuk mendapatkan berbagai berita tentang Jokowi (Joko Widodo) terbaru dan update setiap hari. Anda bisa mendapatkan Berita Jokowi setiap hari dengan cara mengikuti kami di sosial media (Google+, Twitter, dan Facebook).

Profil Pratikno Menteri Sekretaris Negara