Latest News

DPRD DKI TAK IZINKAN JOKOWI MUNDUR

DPRD DKI Tak Izinkan Jokowi Mundur - Meskipun Joko Widodo (Jokowi) sudah secara sah terpilih sebagai Presiden Republik Indonesia untuk periode 2014-2019 mendatang, namun Jokowi belum mendapatkan surat rekomendasi pengunduran dirinya. Menurut Undang-Undang, untuk berhenti dari Gubernur DKI Jokowi terlebih dahulu harus mengajukan suratpengunduran diri kepada DPRD. Namun sampai saat ini Jokowi belum menerima surat rekomendasi pengunduran dirinya. Padahal, DPRD DKI hanya punya waktu sekitar 7 hari lagi. Surat rekomendasi tersebut kemudian akan diserahkan kepada Mendagri dan Presiden SBY.

DPRD DKI TAK IZINKAN JOKOWI MUNDUR
DPRD DKI

Jokowi memang sudah mengajukan surat pengunduran dirinya, tetapi DPRD sampai detik ini belum memberikan surat rekomendasi. Entah karena alasan apa pun, Jokowi seharusnya sudah mendapatkan surat pengunduran dirinya paling lambat 30 hari sebelumdilantik jadi presiden RI tanggal 20 Oktober 2014. Jubir Kemendagri, Dodi Riatmadji mengatakan bahwa surat persetujuan pengunduran diri Jokowi sampai saat ini belum ada. "Di mana suratnya? Belum," kata Dodi usai menjadi pembicara dalam diskusi di kawasan Cikini, Jakarta, Sabtu (13/9/2014).

Namun menurut Dodi, Mendagri tidak lantas bersikukuh dengan hal itu. Menurutnya (Dodi), Mendagri memberikan waktu lebih dengan mengeluarkan SOP paling lambat 14 hari menjelang pelantikan. "Tapi di kami, kami buat SOP, paling lama 14 hari. Karena ini dari Kemendaagri ke presiden," imbuh Dodi. Dodi juga menambahkan bahwa satu-satunya opsi bagi Jokowi untuk mengundurkan diri dari Gubernur DKI sebelum menjadi presiden adalah dengan mengajukan surat pengunduran diri kepada DRPD. Dan jika DPRD tidak juga memberikan surat rekomendasi tersebut, berarti DPRD tidak memahami Undang-Undang. "Ya kenapa alasannya? Ya perintahnya undang-undang ada izin ya kenapa DPRD nggak nurut undang-undang dong. (Kesalahan di DPRD) iya," tutup Dodi.

Semakin rumit saja politik negeri ini. Orang yang sudah terpilih menjadi presiden sajatidak kunjung diberikan surat pengunduran dirinya. Bagiamana dengan nasib Jokowi sebagai Presiden Republik Indonesia nanti? Apakah ini akan menjegal langkah Jokowi? Berikan komentarmu secara bijak dan membangun.
Salam Indonesia Sejahtera.!!!

Simak terus Harian Joko untuk mendapatkan berbagai berita tentang Jokowi (Joko Widodo) terbaru dan update setiap hari.