Latest News

PROFIL BIOGRAFI MUHAIMIN ISKANDAR CALON MENTERI JOKOWI

Harian JokoProfil Biografi Muhaimin Iskandar Calon Menteri Jokowi - Siapa yang tidak kenal Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Cak Imin ini? Pria berpawakan gemuk dari Jombang ini adalah Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang saat ini juga menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (2009-2014). Saat ini Cak Imini digadang-gadang akan dipilih oleh Jokowi untuk menduduki salah kursi menteri pemerintahan Jokowi-JK. Pun demikian, belum ada kepastian apakah ia akan menjadi menteri atau tidak. Tetapi jika dilihat dari berbagai aspek, Cak Imin nampaknya dipastikan mendapat jatah kursi menteri. Kita akan berbagi informasi profil biografi Muhaimin Iskandar untuk anda.

PROFIL BIOGRAFI MUHAIMIN ISKANDAR
Muhaimin Iskandar/Cak Imin

Muhaimin Iskandar atau Cak Imin adalah lulusan Fisip UGM tahun 1992. Berbekal pendidikan itulah ia memulai karir politiknya di Indonesia. Cak imin juga sudha menjadi aktivis sejak ia masih menjadi mahasiswa UGM. Ia juga menjadi anggota PMII yang gencar melawan otoritarianisme dan sentralisasi. Ia melanjutkan studi pasca sarjananya di Universitas Negeri Jakarta program manajemen komunikasi, karena ia sangat tertarik dengan bidang jurnalistik. Karir politik cak imin di partai politik dimulai sat ia bersama para kyai NU mendirikan PKB. Karirnya semakin menanjak ketika ia menjadi Sekjen PKB, dan anggota DPR sebagai ketua FPKB. Selanjutnya ia menjabat sebagai Ketua Dewan Tanfidziah PKB periode 2002-2007. Sempat ada konflik di internal PKB, yaitu antara PKB Gus Dur dan PKB versi Muhaimin. Namun hal itu tak membuat karirnya anjlok. Bahkan ia terpilih menjadi Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi era pemerintahan SBY.

Sebentar lagi, jabatan Menakertrans akan segera ia lepaskan karena masa pemerintahan SBY-Boediono juga berakhir. Kini Cak imin tinggal menunggu nasibnya, apakah ia dipilih menjadi menteri kabinet Jokowi-JK atau tidak. Memang Cak Imin dinilai kurang pas jika dijadikan sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Pasalnya ia tidak memiliki kompetensi dan ilmu dasarnya. Cak Imin kini disebut akan menjadi Menteri Agama. Tetapi untuk kebenarannya masih abu-abu. Berikut ini biodata Muhaimin Iskandar/Cak Imin untuk anda.

Profil Biografi Muhaimin Iskandar

Nama Lengkap : Ahmad Muhaimin Iskandar
Tempat dan Tanggal Lahir : Jombang, 24 September 1966
Agama : Islam
Kebangsaan : Indonesia
Profesi : Ketum PKB dan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi
Riwayat Pendidikan :
  • Master Bidang komunikasi UI
  • FISIP UGM tahun 1992
  • Madrasah Aliyah Negeri I Yogyakarta
  • Madrasah Tsanawiyah Negri Jombang

Riwayat Pekerjaan/Karir :
  • Anggota DPR RI 2004-2009
  • Anggota BURT DPR RI (1999)
  • Pimpinan Badan Musyarawarah DPR RI (1999)
  • Anggota Fraksi Kebangkitan Bangsa DPR RI (1999-2004)
  • Kepala Litbang Tabloid Detik (1993)
  • Sekretaris Lembaga Kajian Islam dan Sosial Yogyakarta (1989)
  • Staf Pengajar Pondok Pesantren Denanyar Jombang (1980-1983)
  • Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (2009-2014)

Apakah anda setuju jika Cak Imin menjadi menteri kabinet Jokowi-JK? Menurut anda, apakah jabatan yang tepat untuk Cak Imin sesuai dengan kompetensi dan backgroundnya? Semoga Cak Imin adalah right man on the right place. Berikan pendapat anda secara bijak.
Salam Indonesia Sejahtera.!!!

Simak terus Harian Joko untuk mendapatkan berbagai berita tentang Jokowi (Joko Widodo) terbaru dan update setiap hari.