Latest News

JOKOWI GARAP TOL LAUT BERSAMA BUMN

Harjo - Jokowi Garap Tol Laut Bersama BUMN - Jokowi/Joko Widodo sebentar lagi menjadi Presiden Indonesia, yang akan dilantik pada 20 Oktober mendatang. Jokowi pun sudah bicara soal program-programnya yang begitu banyak. Banyak orang yang pesimis, namun Jokowi optimistis program-programnya akan berjalan lancar. Salah satu mega proyek Jokowi adalah Tol Laut. Tol laut memang diprogramkan Jokowi untuk jalur antarpulau di Indonesia, khususnya Indonesia Timur. Jokowi akan menggandeng BUMN dalam membuat Tol Laut. Karena ruang fiskal yang cukup sempit, maka Jokowi pun akan memanfaatkan BUMN.

JOKOWI GARAP TOL LAUT BERSAMA BUMN

Jokowi saat ditemui di Rumah Transisi mengatakan bahwa membutuhkan waktu 3-4 tahun untuk bangun tol laut dengan BUMN tanpa APBN. "Sekarang cek lapangan dan kondisi, BUMN kita bisa 3-4 tahun selesai. Dengan catatan tidak pakai APBN," kata Jokowi. Anggaran yang dibutuhkan untuk membangun tol laut adalah sekitar 60-7- triliun rupiah. Anggaran itu rencananya diperuntukkan membangun pelabuhan biasa dan pelabuhan seaport sebanyak 24 titik. "Kalau hanya mengandalkan APBN ya 5 atau 10 tahun belum tentu selesai," imbuh Jokowi. Semoga saja tol laut bisa segera dibangun dan mempermudah transportasi antarpulau di Indonesia.

Bahkan Jokowi pun tak ragu mengajak dan bekerjasama dengan swasta lokal untuk menjalankan berbagai pembangunan di Indonesia. itu sebagai rencana jika dana BUMN tidak cukup untuk menanggung semua biaya. "Prioritas berikan BUMN. Saya melihat BUMN kita bisa. Kalau tidak bisa baru mitra lokal ya nanti merger," lanjut Jokowi. Memang biayanya sangat besar, jadi ada kemungkinan BUMN tidak bisa bekerja sendirian. Jadi harus ada kerjasama dengan swasta.

Jokowi memang sangat ingin membangun infrastruktur di Indonesia yang masih sangat minim dan kurang memadai. Indonesia pun saat ini memiliki ruang fiskal yang begitu sempit. Namun demikian, sekali lagi Jokowi masih sangat optimis semua program pembangunan infrastruktur masih bisa berjalan lancar. Semua program Jokowi adalah untuk rakyat Indonesia itu sendiri, termasuk kita semua. "Rasa optimisme ke depan masih sangat besar karena kita tidak hanya ketergantungan pada APBN. Kita dorong kebijakan mensegerakan yang terlambat itu jadi sebuah proyek yang segera diselesaikan," pungkas Jokowi. 

Bagaimana menurut anda tentang rencana Jokowi tersebut? Apakah anda optimis Jokowi mampu merealisasikan semua program-programnya saat ia menjabat sebagai Presiden Indonesia? Semoga saja Jokowi dapat mensejahterakan seluruh rakyat Indonesia. Karena dibutuhkan pemimpin yang berorientasi pada rakyat, termasuk Jokowi.
Salam Indonesia Sejahtera.!!!

Simak terus Harian Joko untuk mendapatkan berbagai berita tentang Jokowi (Joko Widodo) terbaru dan update setiap hari. Anda bisa mendapatkan Berita Jokowi setiap hari dengan cara mengikuti kami di sosial media (Google+, Twitter, dan Facebook).
Baca juga yang ini : Laskar Rakyat Untuk Jokowi