Latest News

KEMENTERIAN BARU KABINET JOKOWI-JK

Kementerian Baru Kabinet Jokowi-JK. Publik mungkin sedang menunggu pengumuman resmi dari Jokowi untuk mengumumkan formasi kabinet dan juga siapa saja yang ditunjuk menjadi menteri. Pasalnya sampai saat ini Jokowi belum juga mengumumkan siapa saja yang akan membantunya dalam pemerintahan. Jokowi dipastikan masih menunggu DPR, KPK, dan PPATK karena Jokowi sangat berhati-hati dalam memilih menteri. Dalam kesempatan yang lalu KPK telah mengumumkan bahwa ada 8 nama calon menteri yang dilarang untuk menjabat sebagai menteri. KPK mengatakan bahwa 8 orang tersebut masuk dalam daftar "berbahaya" jika ditunjuk sebagai menteri. Acuan KPK adalah 8 orang tersebut memiliki rekam jejak yang buruk, khususnya keterlibatan dalam praktik korupsi. Saat ini kabar mengatakan bahwa ada beberapa kementerian baru yang akan segera dibentuk Jokowi-JK.

KEMENTERIAN BARU KABINET JOKOWI-JK

Jokowi memang sangat berhati-hati dalam menentukan menteri dan membentuk kementerian baru. Kementerian baru Jokowi ini tentu dibentuk atas dasar kesesuaian program kerja Jokowi-JK dalam memimpin Indonesia. Sebelumnya Jokowi sudah sangat berniat untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Dan kemungkinan besar Jokowi akan membentuk kementerian baru yang membawahi kemaritiman Indonesia. Menurut Andi Widjajanto selaku Deputi Tim Transisi, akan ada 8 kementerian baru yang akan dibentuk Jokowi-JK. 8 kementerian itu adalah hasil dari pemisahan dan penggabungan dan kemudian disaring lagi menjadi 6 kementerian baru. Dan saat ini masih menunggu pertimbangan di DPR.

"Sesuai undang-undangnya itu di Pasal 16 Kementerian Negara, di situ presiden harus mendapatkan pertimbangan DPR kalau ada kementerian yang dipisahkan atau digabung. Jadi yang ditulis dalam surat itu adalah 8 kementerian dalam kabinet Jokowi-JK yang merupakan pemisahan dan penggabungan," ujar Andi Widjajanto di Istana Negara, Jakarta, Kamis (23/10/2014). Andi mengatakan bahwa ada beberapa kementerian yang digabung dan dipisah, misalnya Kementerian Infrastruktur dan Perumahan Rakyat, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Juga terdapat kementerian baru yang mengganti kementerian lama, seperti Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan yang menggantikan posisi Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Kemenkokesra). Jokowi juga membentuk beberapa kementerian hasil pemisahan dan penggabungan, seperti Kementerian Pendidikan Dasar dan Kebudayaan, ada Kementerian Pendidikan Tinggi dan Ristek, ada Pembangunan Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi," terang Andi.

Kementerian Baru Kabinet Jokowi-JK

Jokowi-JK juga dikabarkan membentuk kementerian baru yang mengurus kemaritiman Indonesia. Kementerian itu adalah Kementerian Maritim. Kementerian Maritim adalah kementerian bentukan baru yang didasarkan pada Undang-Undang Kementerian Negara Pasal 16 dan 19. Dan kementerian ini tidak harus menunggu pertimbangan dan keputusan DPR. Lalu kapan Jokowi-JK akan mengumumkan susunan kabinetnya kepada publik? Andi pun mengatakan bahwa sebaiknya menunggu Jokowi. "Jangan berspekulasilah. Tunggu Pak Jokowinya menyatakan kapan," pungkas Andi. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang kementerian baru kabinet Jokowi-JK. Semoga dapat menambah wawasan anda dalam dunia Politik Indonesia. Simak terus Harian Joko untuk mendapatkan berbagai Berita Jokowi (Joko Widodo) terbaru dan update setiap hari. Anda bisa mendapatkan Berita Jokowi setiap hari dengan cara mengikuti kami di sosial media (Google+, Twitter, dan Facebook).