Latest News

INILAH FORMASI KABINET JOKOWI-JK

Inilah Formasi Kabinet Jokowi-JK - Presiden terpilih Indonesia Joko Widodo/Jokowi bersama wakil presiden terpilih Jusuf Kall (JK) secara resmi telah mengumumkan formasi kabinet di pemerintahannya. Pada hari Senin (15/09/2014) di rumah transisi Jakarta, keduanya mengaku sudah mengambil keputusan soal jumlah kementerian yang akan membantunya dalam memimpin Indonesia selama 5 tahun ke depan. Jokowi dan JK pun tak henti-hentinya diserbu banyak pertanyaan dari para wartawan yang sudah menunggu selama berjam-jam.

INILAH FORMASI KABINET JOKOWI-JK
Jokowi-JK

Formasi kabinet Jokowi-JK tidak melenceng dari prediksi para pengamat, dimanaada 34 kementerian yang akan dibentuk. "Pada sore ini telah kita putuskan jumlah kementerian, ada 34 kementerian," ujar Jokowi di Rumah Transisi. Dari 34 kementerian tersebut, 3 di antaranya adalah Menteri Koordinator (Menko). Sedangkan wakil menteri rencanya akan ditempatkan pada kementerian-kementerian yang dirasa sangat membutuhkan. Dengan formasi kabinet seperti itu, maka susunannya seperti kabinet lama era SBY yang diajukan oleh Tim Transisi.

Jokowi menambahkan bahwa dari 34 kementerian tersebut ada 16 profesional partai dan 18 profesional. "Jadi 18 profesional dan 16 profesional-partai," ujar Jokowi yang kini masih berstatus Gubernur DKI Jakarta, Senin (15/9/2014). Menanggapi keputusan ini, Andi Widjajanto selaku Deputi Tim Transisi mengatakan bahwa sampai saat ini baru pilihan 1a yang dalam proses pendalaman. Anda mengaku sudah menyerahkan 5 opsi formasi kabinet kepada Jokowi-JK. "Sejauh ini baru opsi 1a dengan 34 menteri yang memasuki proses pendalaman,"ucap Andi.

Jika melaihat formasi kabinet Jokowi-JK ini maka kita pasti ingat bahwa formasi ini sama dengan ajaran pemerintahan SBY-Boediono yang juga terdiri atas 34 kementerian. Arie Sidjito (pengamat politik dari UGM) menyatakan bahwa kabinet Jokowi-JK ini adalah kabinet baru rasa lama. Karena dari segi jumlah sama dengan kabinet sebelumnya, namun berbeda dari segi siapa saja yang mengisi pos-pos kementerian tersebut. "Iya, dalam segi jumlah terlihat kabinet baru rasa lama," kata Arie.

Arie menambahkan bahwa kabinet Jokowi-JK tidak lebi ramping dari kabinet sebelumnya karena ongkos/biaya yang cukup besar. Saat ini kita masih menunggu siapa saja menteri yang dipilih Jokowi. Dan sebelum nama-nama tersebut diumumkan maka belum terlihat perubahan besar/signifikan. Saat ini nama-nama menteri pilihan Jokowi-JK masih menjadi misteri karena kemarin Jokowi-JK batal membacakannya. Menurut Jokowi, masih ada waktu 1 bulan untuk mengumumkan siapa saja menterinya.

"Nama-nama menteri dan kementerian nanti diumumkan, karena hari ini belum final. Kan masih ada 1 bulan lagi," kata pria berperawakan kurus tinggi itu. Jokowi pun sedikit memberikan bocoran bahwa nama-nama profesional yang mengisi pos kementeriannya antara lain BUMN, ESDM, Keuangan, dan Pertanian. Jokowi pun mengaku wakil menteri masih dibutuhkan untuk beberapa kementerian. "Wamen (wakil menteri) untuk sementara ini menurut penilaian kita, mungkin masih diperlukan," ucap Jokowi. Misalnya Kemnterian Luar Negeri (Menlu) yang masih sangat membutuhkan bantuan Wamen.

Bagaimana menurut anda dengan formasi kabinet Jokowi-JK? Kira-kira siapa saja nama-nama yang akan mengisi 34 pos kementerian tersebut? Mari kita tunggu saja, semoga pilihan Jokowi-JK tepat untuk membangun Indonesia lebih sejahtera dan semakin sejahtera.
Salam Indonesia Sejahtera.!!!

Simak terus Harian Joko untuk mendapatkan berbagai berita tentang Jokowi (Joko Widodo) terbaru dan update setiap hari.