Latest News

JOKOWI HARUS BAWA SEMUA MENTERI KE KPK

Jokowi Harus Bawa Semua Menteri Ke KPK - Jokowi-JK sudah secara resmi mengumumkan formasi kabinetnya pada hari Senin (15/09/2014). Faktanya Jokowi telah menyetujui 34 kemnterian yang akan membantunya mengurus Indonesia. Fakta kedua adalah 16 kementerian dari 34 kementerian tersebut akan diisi oleh kader partai. Menyikapi formasi Kabinet Jokowi-JK tersebut, Romo Benny Susetyo mengatakan bahwa Jokowi harus bawa menterinya ke KPK. Romo Benny adalah Sekretaris Dewan Nasional Setara Institute. Menurutnya Jokowi memang tidak bisa lepas dari kompromi politik dalam pemerintahannya.

JOKOWI HARUS BAWA SEMUA MENTERI KE KPK
Joko Widodo

Jokowi diminta untuk berani membawa menteri-menteri pilihannya ke KPK untuk membuktikan apakah menteri-menteri (khususnya dari partai) memang benar-benar bersih. Jokowi diminta untuk tidak membedakan profesional dan partai. "Profesional murni dan parpol jangan dibedakan, tapi bawa semua ke KPK, apakah orang itu bersih? Baru lihat kemampuan, ideologi yang jelas, harus lepas dari jabatan parpol," kata Romo Benny di Jakarta (19/9/2014). Benny juga menambahkan bahwa menteri-menteri Jokowi harus tunduk pada presiden dan bukan tunduk pada partai. Bahkan menurut Benny, menteri harus melepaskan jabatannya saat sudah dipilih menjadi menteri untuk fokus bekerja di pemerintahan Jokowi-JK.

Memang saat ini sedang dihujani pertanyaan dan kritikan soal kebinet gemuknya yang tidak sesuai dengan kampanyenya yang ingin membentuk kabinet ramping dan kabinet kerja. Namun menurut Benny, anggapan masyarakat tidak boleh hanya didasari oleh jumlah kementeriannya saja. Menurutnya, yang terpenting adalah janji kampanye untuk rakyat. "Yang penting bukan ramping atau nggak, tapi janji kampanye untuk rakyat, negara hadir itu yang harus ditagih. Efisiensi anggaran bisa, nggak perlu wamen (wakil menteri). Pertumbuhan meningkat terus ada ukurannya. Saya yakin Jokowi bisa pegang itu," tuturRomo Benny.

Jokowi memang tidak bisa terlepas dari partai politik dalam pemerintahannya. Baca ulasannya di sini. Pun demikian, Jokowi diharapkan benar-benar bisa bekerja untuk rakyat, menterinya harus bekerja untuk rakyat, dan pemerintahannya harus bersih dari praktik-praktik kotor seperti KKN dan suap-menyuap. Tentu semua berharap Jokowi dan menterinya bisa membangun Indonesia untuk lebih sejahtera dan makmur. Kerjasama skala nasional harusterbentuk karena mustahil Indonesia bisa sejahtera tanpa bantuan semua pihak.
Salam Indonesia Sejahtera.!!!

Simak terus Harian Joko untuk mendapatkan berbagai berita tentang Jokowi (Joko Widodo) terbaru dan update setiap hari.