Latest News

USULAN KEMENTERIAN BARU KABINET JOKOWI-JK

Usulan Kementerian Baru Jokowi-JK - Belum juga dilantik sebagai presiden dan wakil presiden RI, isu tentang siapa sosok menteri yang dipilih dan kementerian apa saja yang akan dibentuk Jokowi-JK sudah banyak diperbincangkan. Memang saat ini Jokowi-JK menjadi berita yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat sehari-hari, karena liputan media yang sangat getol. Kabar terbaru menyebutkan, ada sejumlah badan atau direktorat jenderal (Dirjen) yang akan berubah menjadi kementerian dalam pemerintahan Jokowi-JK.
Ada usulan kementerian baru di kabinet Jokowi-JK. Apa saja dirjen tersebut?

USULAN KEMENTERIAN BARU KABINET JOKOWI-JK
Joko Widodo / Jokowi

Menurut Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto, ada beberapa badan atau direktorat yang diusulkan untuk diubah menjadi kementerian baru di kabinet Jokowi-JK. Beberapa dirjen dan yang diusulkan adalah Direktorat Jenderal Ekonomi Kreatif, Direktorat Jenderal Agraria, dan Direktorat Jenderal Kependudukan Dan Pencatatan Sipil. 

Sebelumya, Direktorat Jenderal Agraria merupakan bagian dari Badan Pertanahan Nasional (BPN). Sedangkan Direktorat Jenderal Ekonomi Kreatif selama ini berada di bawah naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Adapun Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil adalah badan di bawah Kementerian Dalam Negeri. Usulannya, ketiga dirjen tersebut akan diubah menjadi Kementerian Agraria, Kementerian Ekonomi Kreatif, dan Kementerian Kependudukan. Kementerian yang terakhir diusulkan karena untuk mengelola kependudukan menghadapi fase bonus demografi pad atahun 2025-2035. Pada hari selasa, Jokowi sudah bertemu tim transisi untuk menggodog opsi 1 tentang struktur kabinetnya. Ada 34 kementerian yang diusulkan yang sedang dibahas bersama tim transisi. 

Bagaimana pendapat anda tentang usulan ini? Apakah anda setuju dengan rencana ini? Apa alasan anda? Berikan komentarmu. Salam Indonesia Sejahtera.!!!

Simak terus Harianjoko untuk mendapatkan berita jokowi terbaru dan ter-update.